Breaking News

Mahasiswa UPN Veteran Jakarta Meninggal, Apa Penyebabnya?

Kabar duka menyelimuti seluruh civitas akademika Universitas Pembangunan Nasional Veteran. Mahasiswa UPN Veteran Jakarta meninggal setelah mengikuti kegiatan pembaretan Resimen Mahasiswa.

Kegiatan Menwa Dihentikan Setelah Mahasiswa UPN Veteran Jakarta Meninggal

Imbas dari kegiatan pembaretan Menwa yang digelar tanpa mendapat izin dari pimpinan universitas. Kegiatan tersebut telah merenggut nyawa dari Fauziah Nabila atau lala, mahasiswa D3 Fisioterapi angkat 2020.

 

Rekor Universitas Pembangunan Nasional, Erna Hernawati telah memutuskan untuk menghentikan kegiatan Menwa. Penyebabnya adalah mahasiswa Menwa telah terbukti melakukan pelanggaran terhadap pasal 74 huruf i Peraturan Rektor Tahun 2020.

 

Kegiatan kurikuler yang tidak boleh melebihi pukul 21.00 WIB. Sedangkan untuk kegiatan kokurikuler tidak boleh lebih dari pukul 17.00 WIB. Jika ada kegiatan yang melebihi waktu yang telah ditetapkan harus menyertakan izin tertulis kepada pejabat yang berwenang.

Kronologi Kejadian

Wakil rektor menjelaskan bahwa mahasiswa UPN Veteran Jakarta meninggal saat mengikuti kegiatan diklat. Kegiatan yang berlokasi di kawasan Bogor itu terjadi pada tanggal 25 September 2021. Salah satu agenda dari kegiatan tersebut adalah melakukan longmarch. Jalur untuk longmarch masih berada di jalur landai.

 

Ada jeda waktu untuk istirahat dengan waktu masing-masing 5 menit dilakukan dua istirahat. Pada saat menuju pemberhentian kedua di etape I, Lala terlihat sangat kelelahan. Panitia memutuskan menaikkannya ke dalam ambulans.

 

Sebelumnya, pada jarak 3,1 kilometer tersebut, Lala mengalami kram pada kaki kiri. Kondisi fisik terus menurun dan kembali mendapat penanganan dengan oksigen karena ada keluhan sesak napas.

 

Saat di lokasi akhir longmarch, kondisi kesehatan sangat buruk dan panitia segera membawanya ke Rumah Sakit EMC Sentul. Namun, saat itu ambulans yang membawanya terjebak kemacetan. Sempat berputar arah menuju ke Rumah Sakit Ciawi yang juga mengalami kemacetan.

 

Setelah tiba di rumah sakit, nyawanya sudah tidak tertolong lagi dan meninggal dunia pada pukul 19.07 WIB. Pihak pembina Menwa segera berangkat ke Rumah Sakit Ciawi dan segera membawa almarhumah ke rumah keluarga di kawasan Palmerah.

 

Kejadian mahasiswa UPN Veteran Jakarta meninggal menjadikan pelajaran bagi setiap universitas untuk memperketat kembali aturan mengenai kegiatan mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.