Breaking News

KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 44 45 46 47 48 49 50 53 Buku Tematik: Hidup Rukun

Simak soal dan kunci jawaban tema 9 kelas 5 SD halaman27 28 29 30 31 32 33 34 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 4. Dalam Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD terdapat 4 Subtema. Subtema 1 dalam Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD adalah Benda Tunggal dan Campuran.

Untuk Subtema 2 adalah Benda dalam Kegiatan Ekonomi. Subtema 3 adalah Manusia dan Benda di Lingkungannya. Terakhir, Subtema 4 adalah Kegiatan Berbasis Literasi.

Pembelajaran 4 halaman27 28 29 30 31 32 33 34 terdapat dalam Subtema 1. Simak kunci jawaban Tema 9 Kelas 5 SD halaman 27 28 29 30 31 32 33 34 Buku Tematik, Subtema 1 Pembelajaran 4 Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah informasi mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri cirinya. Saat kelompokmu mencari informasi melalui internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa di sekitarmu.

Diskusikan hasil informasi yang kalian peroleh. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut. Jawaban: Ketampakan Alam Wilayah Lautan

Teluk Ciri ciri: Terbentuk di kawasan pinggir laut yang mempunyai susunan batuan keras dan batuan lembut yang berselang seling

Lapisan batuan lembut yang dihakis ombak akan menjadi teluk Lapisan batuan keras yang tahan hakisan menjadi tanjung Selat

Ciri ciri: Menjorok ke arah daratan Dibatasi oleh daratan pada sisi sisinya

Terletak di antara 2 permukaan daratan Laut Ciri ciri:

Adanya terumbu karang bagi ikan ikan Memiliki tingkat salinitas yang tinggi yakni semakin mendekati garis khatulistiwa maka salinitas semakin tinggi Tidak terlalu dipengaruhi oleh keadaan iklim dan juga cuaca

Danau Ciri ciri: Terdapat gelombang di permukaan air

Terdapat tumbuh tumbuhan air yang menutupi bagian tepi danau. Sungai Ciri ciri:

Aliran air mengalir dari daerah yg tinggi ke daerah yang rendah Mempunyai daya erosi yang kuat Ketampakan Alam Wilayah Daratan

Dataran Rendah Ciri ciri: Dataran tanah luas dengan tingkat ketinggian relatif rendah (sampai dengan 200 m diatas permukaan laut)

Dataran yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi. Dataran Tinggi Ciri ciri:

Dataran tinggi memiliki ketinggian lebih dari 400 m di atas pemukaan laut. Gunung Ciri ciri:

Udaranya dingin Bertebing Banyak bebatuan

Pantai Ciri ciri: Cuaca yang panas, terdapat hamparan pasir atau karang

Sebagai tempat wisata Banyak pohon bakau. Pegunungan

Ciri ciri: Ketinggianya di atas 500 m diatas permukaan laut Hawa di pegunungan sejuk dan semakin tinggi akan semakin rendah

Cadangan air tanah pada wilayah pegunungan tergolong sedikit Aktivitas masyarakat di wilayah ini umumnya perkebunan. Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda benda atau barang barang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban: Perbedaan Air Laut Air laut asin

Air laut bersumber dari sungai besar yang kemudian menuju ke lautan Air laut dapat mengkristal Air laut dimanfaatkan untuk hal hal yang bersifat produktif misalnya sebagai bahan utama untuk membuat garam

Air Pegunungan: Air pegunungan tawar Air pegunungan berasal dari mata air pegunungan

Air pegunungan tidak mengkristal Air pegunungan lebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif, baik diminum maupun digunakan untuk keperluan lainnya seperti mandi atau memasak. Apa isi kedua iklan pada gambar di atas?

Amatilah kedua iklan tersebut. Kemudian, ungkapkan pendapatmu mengenai iklan tersebut di hadapan teman temannmu. Tuliskan juga pendapatmu pada kolom berikut. Jawaban: Gambar iklan 1 berisi penawaran Depot Air Isi Ulang Aquada yang diproses secara higenis melalui 3 tahap proses macrofiltrasi, 5 tahap proses microfiltrasi, strelisasi ultraviolet & ozonisasi bersih dan higienis.

Gambar Iklan 2 berisis penawaran Pemasangan Depot Isi Ulang Air Mineral Aceng Pro, tersedia dalam kota maupun luar kota dan siap pakai ataupun siap dijual. Apa manfaat hidup rukun bagi dirimu? Tuliskan pada kolom berikut. Jawaban:

Manfaat hidup rukun bagiku sangat menyenangkan, baik dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Selalu membantu orang yang membutuhkan akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia. Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut. Bagaimana kamu dan keluargamu menciptakan kerukunan dalam keluarga? Bagaimana kamu dan keluargamu kerja sama dengan tokoh masyarakat, misalnya pak RT di sekitar tempat tinggal. Diskusikan bersama orang tuamu. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Subtema 3 adalah Manusia dan Benda di Lingkungannya. Terakhir, Subtema 4 adalah Kegiatan Berbasis Literasi. Pembelajaran 6 halaman44 45 46 47 48 49 50 53 terdapat dalam Subtema 1.

Simak kunci jawaban Tema 9 Kelas 5 SD halaman 44 45 46 47 48 49 50 53 Buku Tematik, Subtema 1 Pembelajaran 6 Apa menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar di atas pada kolom berikut.

Jawaban: Iya, dari gambar di atas terlihat perempuan perempuan yang berbeda ras (dilihat dari warna kuit) dan juga berbeda suku kebudayaan (dilihat dari pakaian adat yang mereka kenakan masing masing). Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat. Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong. Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

Apa wujud perilakumu untuk hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskan dalam kolom berikut. Jawaban: Ikut bermusyawarah mufakat dalam mengambil keputusan

Saling menghormati dan menghargai Tidak membedan suku, ras dan agama Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama. Perhatikan gambar berikut.

1. Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut. Jawaban: Iya, karena gambar tersebut merupakan pengumuman lomba. Tujuan gambar tersebut untuk menarik perhatian masyarakat agar mau mengikuti lomba.

2. Carilah iklan pada media cetak. Kemudian, tempelkan pada kolom berikut. Jawaban: Jawaban disesuaikan dengan apa yang ditemukan siswa.

3. Apa isi iklan dari media cetak yang kamu tempel di atas? Tuliskan pada kolom berikut. Jawaban: Jawaban disesuaikan dengan iklan yang siswa temukan.

Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut. Pilih lagu bertangga diatonis maupun pentatonis. Nyanyikan bersama Kedua orang tuamu maupun anggota keluarga yang lain. Saat bernyanyi bersama, apakah kamu merasakan kerukunan antara kamu dan anggota keluargamu? Mengapa? Tuliskan alasanmu pada kolom berikut. *) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.