Breaking News

Hasil Drawing Piala Sudirman 2021, Tim Bulutangkis Indonesia Segrup Denmark, Malaysia Bertemu Jepang

Pengundian pembagian grup (drawing) Piala Sudirman 2021 rampung dilaksanakan pada Rabu (25/8/2021). Hasil drawing Piala Sudirman 2021 itu menempatkan tim bulutangkis Indonesia di Grup C. Di grup itu, Indonesia berada satu grup dengan Denmark, ROC (Russian Olympic Committee), dan Kanada.

Melihat kekuatan grup C, Indonesia bakal menghadapi musuh kuat Denmark. Denmark menjadi salah satu negara yang menjadi rival kuat Indonesia pada PialaSudirman2021. Sudirman Cup 2021 sendiri akan digelar di Vantaa, Finlandia, 26 September 3 Oktober.

Denmark memiliki keunggulan pada sektor tunggal putra melalui Viktor Axelsen yang baru saja meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Dan Anders Antonsen yang menduduki peringkat ketiga dunia. Pada sektor ganda putra, Denmark memiliki pasangan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Sementara itu pada sektor ganda putri dan ganda campuran, Denmark memiliki Sara Thygesen/Maiken Fruergaard dan Mathias Christiansen/Alexandra Boje (campuran). Hasil DrawingPialaSudirman2021 lainnya, Jepang berada di Grup D bersama Malaysia, Inggris, dan Mesir. Persaingan ketat justru terjadi di Grup A yang bisa disebut grup neraka.

Di grup A terdapat tim kuat China, Thailand, Finlandia, dan India. Pada Piala Sudirman 2019 di Nanning, China, Indonesia juga satu grup dengan Denmark. Tim Indonesia keluar sebagai juara Grup 1B Piala Sudirman 2019 meski pada laga terakhir penyisihan grup kalah dari Denmark, dengan skor 2 3.

Perjuangan Indonesia terhenti pada laga semifinal setelah kalah 1 3 dari Jepang. Sementara itu, China yang menjadi unggulan pertama sekaligus juara bertahan tergabung di Grup A bersama Thailand, Finlandia, dan India. Sebanyak 16 negara partisipan diundi menjadi empat grup, dimana juara dan runner up setiap grup akan melaju ke babak perempat final.

Selain 2019, tim Piala Sudirman Indonesia juga mencapai semifinal pada Piala Sudirman 2015 dan 2009. Hasil terburuk diraih tim Indonesia pada Piala Sudirman 2017 dengan gagal mencapai perempat final. Tim Indonesia saat itu tergabung di Grup 1D dengan Denmark dan India.

Jika dilihat secara kualitas, Indonesia dan Denmark berpeluang besar lolos, tetapi India membuat kejutan. Tim Indonesia secara mengejutkan takluk dari India dengan skor 1 4. Kekalahan itu berhasil dibayar Tim Indonesia dengan menang 3 2 atas Denmark.

Akan tetapi, Indonesia tetap gagal melaju ke babak perempat final meskipun mengoleksi poin yang sama dengan Denmark dan India. Penyebabnya, jumlah kemenangan gim mereka paling rendah di Grup 1D. Alhasil, Denmark yang keluar sebagai juara Grup 1D ditemani India sebagai runner up.

Indonesia baru satu kali menjuarai Piala Sudirman pada 1989 di Jakarta dan menandai pertama kalinya Piala Sudirman diselenggarakan. Grup A: China, Thailand, Finlandia, India Grup B: Taiwan, Korea Selatan, Tahiti, Jerman

Grup C: Indonesia, Denmark, ROC (Russian Olympic Committee), Kanada Grup D: Jepang, Malaysia, Inggris Raya, Mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published.