Breaking News

Bukan Hanya untuk Melancarkan Persalinan, Simak Manfaat Senam Kegel Agar Tubuh Bugar

Bagi sebagian besar ibu hamil pastinya menginginkan proses persalinan yang lancar untuk kelahiran buah hati tercinta. Selain mencari rekomendasi dokter kandungan terbaik di Jakarta, para ibu hamil disarankan untuk rutin berolahraga selama trimester kehamilannya guna membantu kelancaran pada proses persalinannya kelak. Beberapa olahraga yang disarankan meliputi berenang, yoga, jogging maupun senam kegel. Senam kegel berbeda dari senam aerobik pada umumnya, dimana senam kegel memfokuskan pada gerakan panggul untuk memperkuat otot-otot penopang rahim, bukan hanya bermanfaat untuk melancarkan proses persalinan saja, namun senam kegel juga memiliki beberapa manfaat di bawah ini

  1. Membantu Membuat Persalinan Menjadi Lancar

Pada saat hamil, Anda tentunya sering mengeluh mengenai kondisi tubuh. Terlebih lagi jika memasuki trimester kehamilan yang terakhir, tentunya tubuh banyak mengalami perubahan, yakni semakin membesarkan bagian perut. Hal ini tentu saja membuat Anda terkadang mengeluh sakit, dan menimbulkan ketidaknyamanan lainnya. Ketidaknyamanan yang sering muncul diantaranya ialah mengalami nyeri dibagian punggung, rasa kesulitan dalam buang air besar (sembelit), hingga nyeri pada saat buang air kecil dan buang air besar. Dengan rutin melakukan senam kegel masalah tersebut dapat teratasi oleh bumil.

 

  1. Membuat Lebih Rilex dan Mengurangi Stress

Tahukah Anda bahwa ternyata melakukan olahraga dapat meningkatkan hormon serotonin pada ibu hamil, dimana hormon tersebut dapat bermanfaat membuat suasana hati menjadi lebih bergembira dan semangat. Tentu saja hal ini pertanda yang baik dimana ibu hamil yang suasananya hatinya baik, maka akan berpengaruh juga terhadap janin yang dikandungnya. Bukan hanya itu saja olahrga senam kegel juga dapat membuat tidur menjadi lebih pulas, otot-otot yang menengang akibat rasa nyeri pada saat hamil bisa berangsur menjadi relax.

 

  1. Membantu Mengatasi Wasir dan Ambeien

Manfaat selanjutnya jika rutin melakukan senam kegel adalah dapat mengatasi wasir atau abeien. Ambeien biasanya dapat terjadi setelah melakukan proses melahirkan normal melalui vagina. Senam kegel dapat melancarkan peredaran darah ke dubur dan vagina. Olahraga ini juga dapat memperkuat otot-otot sehingga membantu mengurangi nyeri dan sakit selama kehamilan.

 

  1. Membantu Proses Pemulihan Setelah Melahirkan

Dengan rutin berolahraga maka otot-otot sudah terbiasa dilatih pada setiap harinya, hal ini bermanfaat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, maka setelah melahirkan organ-organ intim yang bekerja dapat dengan cepat pulih. Senam kegel juga dapat meregenerasi sel-sel organ intim yang rusak ketika melahirkan, bukan hanya itu saja ternyata senang kegel juga dapat merapatkan organ intim yang kendur pasca melakukan persalinan normal.

Wah ternyata manfaat senam kegel banyak sekali ya, bukan hanya dapat melancarkan proses melahirkan saja namun terdapat banyak manfaat yang dapat membuat tubuh menjadi bugar. Namun untuk pemula lakukan senam kegel secara bertahap ya, jangan sampai berlebihan karena akan membuat otot panggul Anda cepat lelah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.